11 Tradisi Orang Bugis Makassar dalam Menyambut Ramadan, Nomor 6 Paling Keren

- News
  • Bagikan
Ilustrasi gambaran Suku Bugis. Sumber: Portal Informasi Indonesia

HERALDSULSEL.ID, MAKASSAR – Orang Bugis adalah suku bangsa yang mendiami wilayah Sulawesi Selatan. Sebagai umat muslim, mereka memiliki kebiasaan dan tradisi tersendiri dalam menyambut bulan Ramadan. Berikut adalah beberapa kebiasaan orang Bugis dalam menyambut bulan Ramadan:

  1. Menyediakan hidangan khas Bugis

Orang Bugis biasanya menyediakan hidangan khas mereka untuk berbuka puasa dan sahur. Beberapa hidangan yang biasa disajikan antara lain nasi kuning, gulai ikan tongkol, sambal goreng, dan lain sebagainya. Hidangan ini disajikan dengan tujuan untuk mempererat silaturahmi antar keluarga dan tetangga.

  1. Memperindah rumah dan lingkungan sekitar

Sebelum memasuki bulan Ramadan, orang Bugis biasanya memperindah rumah dan lingkungan sekitar. Mereka membersihkan rumah, memperbaiki taman, dan mengecat dinding agar terlihat lebih menarik. Hal ini dilakukan sebagai bentuk persiapan menyambut bulan yang penuh berkah dan kebaikan.

  1. Menyelenggarakan acara bersama

Selama bulan Ramadan, orang Bugis sering menyelenggarakan acara bersama seperti tahlilan dan pengajian. Acara ini diadakan di rumah-rumah warga atau di masjid dengan tujuan untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan kegiatan keagamaan.

  1. Berbelanja kebutuhan Ramadan

Sebelum memasuki bulan Ramadan, orang Bugis biasanya berbelanja kebutuhan seperti bahan makanan, baju baru, dan perlengkapan ibadah. Mereka berbelanja dengan semangat dan penuh kegembiraan karena menyambut bulan yang istimewa ini.

  1. Menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk

Orang Bugis menjalankan ibadah puasa dengan penuh khusyuk dan keikhlasan. Mereka berusaha untuk meningkatkan kualitas ibadah selama bulan Ramadan dengan cara memperbanyak ibadah, membaca Al-Quran, dan berdoa.

  1. Berzakat dan bersedekah

Selain menjalankan ibadah puasa, orang Bugis juga berzakat dan bersedekah. Mereka berusaha untuk memperbanyak amal ibadah selama bulan Ramadan dengan memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan.

  1. Ziarah Kubur

Ziarah kubur menjadi salah satu tradisi masyarakat Bugis Makassar yang tidak ketinggalan ketika menjelang Ramadan. Masyarakat ramai-ramai berkunjung ke makam keluarga yang tidak bisa lagi menjalani bulan Ramadan bersama.

  1. Barzanji
  • Bagikan