Viral Ibu Beri Kopi ke Bayi, Ini Minuman Sehat untuk Bayi bila Kehabisan Susu

- Kesehatan
  • Bagikan
Ilustrasi.

HERALDSULSEL.ID – Ahli Gizi Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Fahmy Arif Tsani angkat bicara terkait video seorang ibu memberikan bayinya dengan kopi kemasan untuk konsumsi.

Dalam ketengan video itu, si ibu berdalih bahwa kopi yang diberikan kepada sang bayi mengandung susu yang diperlukan oleh bayi.

Alih-alih memberi kopi, Fahmy Arif Tsani menyarankan agar pemenuhan asupan protein dan kalsium bagi sang buah hati bisa diganti dengan produk turunan susu seperti keju.

“Susu yang akan dimanfaatkan adalah kandungan protein dan kalsiumnya yang tinggi pada minuman, yang bisa menggantikan ya produk olahan susu, semisal keju,” jabar Fahmy kepada NU Online, Selasa 24 Januari 2023.

Selain itu, Anggota Pengurus Lembaga Kesehatan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LK PBNU) itu menyampaikan orang tua juga bisa menggantikan susu dengan alternatif lain seperti buah-buahan.

“Kalau diartikan mengganti susu dengan minuman lain yang sehat (meski kandungannya tidak sama dengan susu), saya sarankan adalah jus buah yang kaya vitamin dan mineral,” ungkapnya.

Namun, perlu diingat bahwa buah yang dihidangkan pada anak dalam bentuk jus tidak mengandung gula tambahan.

“Ingat, jus buah banyak buahnya, bukan gula tambahannya,” kata dia melansir Nuonline, Rabu 25 Januari 2023.

  • Bagikan