Harga Komoditas Perkotaan Alami Kenaikan, KPPU dan Disdag Sulsel Bakal Cek Harga di Pedesaan

- Sulsel
  • Bagikan
Kakanwil KPPU Wilayah VI Makassar Hilman Pujana (kanan), Kepala Dinas Perdagangan Sulsel Andi Arwin Azis (kiri).

HERALDSULSEL.ID, MAKASSAR – Setelah melakukan pengecekan dan pengawasan di Pasar Terong, Makassar dan menemukan harga komoditas yang mengalami sedikit kenaikan, meski tak signifikan. 

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah VI Makassar bersama Dinas Perdagangan Sulsel bakal melanjutkan pengecekan di pedesaan.

“Kita cek di sana. Karena tentunya tidak bisa sendiri, ini kan terutama apalagi pedesaan yah, jangkauan distribusi nya cukup jauh,” kata Kakanwil KPPU, Hilman Pujana usai melakukan pengawasan di Pasar Terong, Rabu 25 Januari 2023.

Dia menyampaikan, harga minyak goreng di Makassar capai Rp17 ribu, apalagi di pedesaan. “Kita belum bicara kalau di Desa yang menggunakan ongkos lagi ke sana distribusinya,” ungkap Hilman.

“Yah memang ada kenaikan, tapi kalau bawang merah sama bawang putih sih gak terlalu signifikan yah. Cabe juga tadi sudah Rp25 ribu harganya perkilo, jadi mungkin insyaallah gak terlalu signifikan naiknya,” tambahnya menutup.

Sementara itu, Kadis Perdagangan Sulsel, Andi Arwin Azis menyampaikan, secara umum Pemprov Sulsel terus melakukan koordinasi dengan kabupaten kota dalam hal pengendalian inflasi.

“Jadi sebenernya untuk menjaga terutama pengendalian inflasi yah, di daerah itu tentu dibutuhkan kolaborasi, seluruh perangkat daerah, itu turun tangan, dan memang kehadiran bapak Mendagri setiap pekan itu tujuannya memang seperti itu,” tukasnya. Untuk informasi, pasokan minyak juga di Sulsel sedikit terhambat sejak awal Januari 2023 ini. Penyebabnya diketahui distributor tidak mendapat pasokan. Olehnya itu, KPPU dan Pemprov Sulsel bakal bekerjasama untuk menelusuri hal tersebut. (War)

  • Bagikan