Balasannya Surga! Begini Cara Menyantuni Anak Yatim Menurut Hadis

- Muslim
  • Bagikan
Ilustrasi anak yatim

HERALDSULSEL.ID, Ada banyak cara menyantuni anak yatim. Baik itu memberinya perhatian maupun bantuan materil.

Bila itu dilakukan, maka balasannya adalah surga. Menyantuni anak yatim juga merupakan perintah Allah, sebagaimana dalam firman-Nya sebagai berikut:

“Dan ujilah anak yatim itu sampai mereka cukup umur untuk kawin. Kemudian jika menurut pendapatmu mereka telah cerdas (pandai memelihara harta), maka serahkanlah kepada mereka harta-hartanya.” [QS. an-Nisa’, 4: 6].

Dalam hadis disebutkan yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda:

“Pemelihara anak yatim kepunyaannya (masih ada hubungan keluarga) atau kepunyaan orang lain (tidak ada hubungan keluarga), dia dan aku seperti dua jari ini di surga.’ Lalu Malik mengisyaratkannya dengan jari telunjuk dan jari tengah.” [HR. Muslim].

Secara terperinci Nabi Muhammad SAW tidak memberi contoh bagaimana cara menyantuni anak yatim. Caranya adalah dengan memuliakan, memperhatikan, memberi kasih sayang, memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baik itu berupa makan, minum, pakaian, tempat tinggal), pendidikannya, kesehatannnya dan segala sesuatu yang diperlukannya agar menjadi anak yang shalih, mandiri dan berguna.

“Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa ada seorang laki-laki yang mengadukan kekerasan hatinya kepada Rasulullah SAW, maka beliau bersabda: ‘Usaplah kepala anak yatim dan berilah makan orang miskin.’” [HR. Ahmad dengan perawi shahih].

  • Bagikan